Tuturan, Situasi Tutur, dan Deiksis

Tuturan, Situasi Tutur, dan Deiksis - Languafie

Tuturan merupakan suatu perbuatan atau kegiatan. Tuturan di sini bukan entitas abstrak gramatikal, melainkan entitas konkret yang didefinisikan dengan jelas oleh pembicara dan lawan bicara, dan kapan dan di mana diucapkan. Situasi tutur adalah interaksi verbal yang terjadi atau sedang berlangsung dalam satu atau lebih bentuk tutur, yang melibatkan penutur dan mitra tutur, dengan tuturan utama pada waktu, tempat, dan keadaan tertentu. Sedangkan deiksis merupakan istilah teknis untuk operasi fundamental yang kita lakukan dengan ucapan. Oleh sebab itu, berikut merupakan pembahasan mengenai tuturan, peristiwa tutur, dan deiksis.

A. Tuturan

Tuturan adalah semua suara yang berasal dari alat ucap manusia. Setiap kalimat pasti memiliki maksud dan tujuan. Makna tuturan juga harus disepakati antara penutur dan lawan tutur. Ini harus disepakati oleh kedua belah pihak, pembicara, dan lawan katanya. Pernyataan tersebut mengisyaratkan bahwa percakapan antar manusia sesuai atau relevan secara kontekstual. Dalam konteks yang sama, terjadi dialog yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan bersama (Novitasari, 2019: 127). Menurut Madeamin dan Thaba (2021: 116), tujuan tuturan adalah apa yang ingin dicapai penutur dengan melakukan tindak tutur. Semua tuturan memiliki tujuan, artinya tidak ada tuturan yang tidak mengungkapkan maksud. Bentuk tuturan yang diungkapkan oleh penutur selalu dilatarbelakangi oleh maksud dan tujuan tuturan tersebut. Dalam hal ini, berbagai bentuk ujaran dapat digunakan untuk mengungkapkan berbagai maksud.

Tuturan merupakan suatu perbuatan atau kegiatan. Tuturan di sini bukan entitas abstrak gramatikal, melainkan entitas konkret yang didefinisikan dengan jelas oleh pembicara dan lawan bicara, dan kapan dan di mana diucapkan. Tuturan juga merupakan produk tindak verbal. Tindakan verbal manusia dibagi menjadi dua jenis, yaitu tindakan verbal dan tindakan nonverbal. Memukul atau berjalan adalah contoh tindakan nonverbal. Meskipun berbicara adalah tindakan verbal. Tindak tutur adalah tindakan mengungkapkan kata-kata atau bahasa. Karena tercipta melalui tindak tutur, tuturan merupakan produk dari tindak tutur, yaitu tindak pengungkapan kata atau bahasa. Tuturan sebagai produk tindak tutur, terjadi dalam setiap percakapan lisan atau tertulis antara seorang penutur dengan mitra tutur. Sebagaimana dijelaskan dalam kriteria keempat, tuturan yang digunakan dalam penelitian pragmatik adalah bentuk tindak tutur. Dengan demikian tuturan yang dihasilkan merupakan suatu bentuk tindak tutur.

B. Situasi Tutur    

Situasi tutur adalah interaksi verbal yang terjadi atau sedang berlangsung dalam satu atau lebih bentuk tutur, yang melibatkan penutur dan mitra tutur, dengan tuturan utama pada waktu, tempat, dan keadaan tertentu (Chaer, 1995: 61). Oleh karena itu, interaksi antara pedagang dan pembeli di pasar pada waktu tertentu dengan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dapat dikatakan seabgai peristiwa tutur. Kita juga dapat melihat peristiwa tutur serupa dalam diskusi kelas, pertemuan formal di kantor, sidang pengadilan, dan banyak lagi. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, peristiwa tutur terjadi di tempat, waktu, dan konteks menegaskan. Mengacu pada peristiwa tutur yang terjadi dalam situasi tutur tertentu.  

Dalam komunikasi, tidak ada tuturan tanpa situasi tutur. Pernyataan ini sejalan dengan pandangan bahwa “kata-kata adalah akibat, dan kata-kata adalah sebab”. Dalam wacana tidak selalu secara langsung menunjukkan makna unsur-unsurnya. Namun, kenyataannya adalah bahwa satu tuturan dapat mengungkapkan berbagai maksud, dan sebaliknya, berbagai tuturan dapat mengungkapkan satu maksud. Namun, situasi tutur berbeda dengan peristiwa tutur. Menurut Hymes situasi tidak murni komunikatif dan tidak mengatur adanya aturan bicara, tetapi mengacu pada konteks yang menghasilkan aturan bicara. Sementara itu, peristiwa tutur terjadi dalam satu situasi tutur dan peristiwa itu mengandung satu atau lebih tindak tutur. Leech, dalam bukunya “Principles of Pragmatics” (1983: 13–14), mengungkapkan pentingnya studi pragmatik dalam kaitannya dengan situasi tutur. Pragmatik berbeda dari semantik dalam pragmatik yang berfokus pada makna dalam kaitannya dengan konteks. Leech mengungkapkan beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam situasi tutur, yaitu sebagai berikut.

  • Penutur dan lawan tutur (addressers or addressees). Penutur dan lawan bicara termasuk penulis dan pembaca dalam wacana tertulis. Aspek yang relevan bagi penutur dan mitra tutur adalah usia, latar belakang sosial, ekonomi, jenis kelamin, dan keakraban.
  • Konteks tuturan (the context of an utterance). Konteks dapat dipahami dalam beberapa cara. Konteks pada dasarnya adalah semua latar belakang pengetahuan, yaitu pengetahuan antara pembicara dan pendengar, yang merupakan kontribusi pembicara untuk menafsirkan apa yang dimaksudkan pembicara dari ucapan yang diberikan dan dipahami bersama.
  • Tujuan tuturan (the goals of an utterance). Maksud atau fungsi suatu tuturan lebih berkaitan dengan maksud tuturan atau maksud penutur dalam tuturan tersebut. Dalam pragmatik, berbicara adalah aktivitas yang berorientasi pada tujuan.
  • Tuturan berupa perbuatan/tindak tutur ilokusi. Pragmatik menggambarkan tindak tutur atau pertunjukan yang terjadi dalam situasi tertentu pada waktu tertentu. Dalam konteks ini, pragmatik berurusan dengan bahasa pada tingkat yang lebih spesifik daripada tata bahasa.
  • Tuturan sebagai suatu produk tindak verbal. Tuturan adalah elemen bahasa, dan kita mempelajari maknanya dalam pragmatik. Tuturan yang digunakan dalam pragmatik mengacu pada produk tindak tutur, bukan hanya tindak tutur itu sendiri. Bahkan, kita dapat mengatakan bahwa pragmatik adalah ilmu yang mempelajari makna ucapan sedangkan semantik adalah ilmu yang mempelajari makna kalimat. Hal inilah yang menyebabkan suatu tuturan dapat dikatakan sebagai suatu produk tindak verbal.

C. Deiksis

Deiksis berasal dari bahasa Yunani, dan itu mengacu pada istilah teknis untuk operasi fundamental yang kita lakukan dengan ucapan. Deiksis berarti “penunjukan” melalui bahasa (Adriana, 2018: 47). Menurut KBBI (dalam Adriana, 2018: 47), deiksis diartikan sebagai hal-hal atau fungsi-fungsi yang merujuk pada hal-hal di luar bahasa; kata ganti, tafsiran, dsb. Menurut Bambang Yudi Cahyono (dalam Aminudin, 2016: 3), deiksis adalah cara yang merujuk pada esensi dengan menggunakan bahasa yang hanya dapat ditafsirkan dalam arti makna yang diabaikan oleh pembicara dan dipengaruhi oleh konteks percakapan. Menurut Bambang Kaswanti Purwo (1984: 1 dalam Aminudin, 2016: 3), suatu kata dapat dikatakan deiksis jika rujukannya bergerak atau berubah, tergantung siapa yang berbicara, kapan dan di mana diucapkan. Ada juga istilah acuan dalam bidang linguistik, atau biasa disebut dengan referensi, sebuah kata atau frasa yang menentukan kata, frasa atau ungkapan mana yang akan diberikan. Hal yang dirujuk oleh deiksis disebut anteseden. Secara historis, deiksis dibagi menjadi lima jenis, yaitu deiksis persona, deiksis tempat, deiksis waktu, deiksis wacana, dan deiksis sosial.

1. Deiksis Persona

Menurut Becker dan Oka dalam Purwo (dikutip dalam Iswah, 2018: 49), pengangkatan orang menjadi dasar orientasi penunjukan ruang, tempat, dan waktu. Demonstran menggunakan kata memproklamirkan diri; dinamakan demikian karena fungsinya menggantikan seseorang. Bahasa Indonesia hanya mengenal kata ganti orang yang terbagi menjadi tiga bagian. Dari ketiga kata ganti orang, hanya kata ganti orang pertama dan kedua yang menggambarkan orang. Kata ganti orang ketiga dapat merujuk pada orang dan benda (termasuk binatang). Rujukan yang diidentifikasi oleh kata ganti orang berganti-ganti sesuai dengan peran yang dimainkan partisipan dalam tindak tutur, dan penutur mendapatkan peran tersebut, yang disebut orang pertama. Jika dia berhenti berbicara dan menjadi pengamat, panggil dia orang kedua, yang lainnya yaitu orang ketiga.

2. Deiksis Tempat   

Deiksis tempat berarti memberi bentuk pada suatu tempat ditinjau dari kedudukan pelaku dalam suatu peristiwa bahasa, antara lain (a) dekat dengan penutur (di sini); (b) jauh dari penutur tetapi dekat dengan pendengar (di sana); (c) jauh dari pembicara pendengar dan pendengar (ada).

3. Deiksis Waktu   

Deiksis waktu berkaitan dengan pengungkapan selang waktu yang dilihat dari waktu penutur mengeluarkan tuturan, yaitu sekarang, kemarin, lusa, dsb.

4. Deiksis Wacana   

Deiksis wacana adalah acuan pada sebagian wacana yang berkembang. Deiksis wacana ini diwakili oleh anafora dan cataphora. Sebuah referensi dikatakan anafora jika referensi atau penggantinya mengacu pada sesuatu yang telah disebutkan. Senada dengan hal tersebut, Hasanuddin WS (2009: 70) menjelaskan bahwa anafora adalah fungsi yang mengacu pada sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya dalam sebuah kalimat atau ujaran.

5. Deiksis Sosial   

Deiksis sosial adalah isyarat yang mengungkapkan perbedaan karakteristik sosial antara penutur dan lawan bicara, dan juga dapat berupa topik atau referensi yang disebutkan dalam percakapan antara penulis dan pembaca (Agustina, 1995: 50). Contoh dari deiksis sosial adalah penggunaan mati, meninggal, wafat, dan mangkat untuk mengekspresikan keadaan kematian. Masing-masing kata ini digunakan secara berbeda. Demikian pula, kata pelacur diganti dengan tunasusila dan kata tunawisma dengan tunawisma, yang secara tata bahasa disebut eufemisme (menggunakan kata-kata fasih). Selain itu, instruksi sosial juga diungkapkan melalui sistem kehormatan (etiket bahasa). Contohnya antara lain penyebutan kata ganti orang (personal pronoun) seperti kamu, kamu, dia dan mereka serta penggunaan sistem sapaan dan penggunaan gelar.

D. Daftar Referensi

  • Adriana, Iswah. (2018). Pragmatik. Surabaya: Buku Pena Salsabila.
  • Aminuddin. (2003). Semantik Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  • Austin, J.L. (1962). How to Do Things with Words. London: Oxford University Press.
  • Agustina. (1995). Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. Padang: IKIP Padang. 
  • Hasanudin, W.S. (2009). Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Percetakan Angkasa.
  • Mademain, Sehe dan Aziz Thaba. (2021). Pragmatik Konsep Dasar Pengetahuan Interaksi Komunikasi. Klaten: Takhta Media Group. 
  • Novitasari, Dwi. (2019). Struktur Tuturan dalam “Apa Kabar Indonesia”. Arbitrer: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 (2). 
  • Rahardi, Kunjana. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

E. Unduh (Download) Resume Tuturan, Situasi Tutur, dan Deiksis

PDF
Tuturan, Situasi Tutur, dan Deiksis.pdf
Download

Leave a Comment